Filosofi Motif Batik yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Filosofi Motif Batik yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

FILOSOFI MOTIF BATIK KHAS TANJUNG JABUNG BARAT

1. Motif Kopi Luwak

Luwak adalah hewan pemakan kopi, yang dapat menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Hal ini bisa terjadi karena luwak selalu memakan biji kopi yang terbaik. Luwak tak akan mau memakan biji kopi yang mentah ataupun yang rusak. Dari uraian diatas menyatakan  motif kopi luwak dapat menggambarkan bahwa sebagai manusia yang memiliki kelebihan berupa akal dan pikiran, haruslah mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Dan harus mampu menjadi manusia yang berguna (bermanfaat) bagi orang lain

2. Motif Udang Ketak

Udang Ketak  adalah hasil laut khas Kuala Tungkal, bahkan termasuk salah satu  produk impor terbesar. Udang ketak adalah sejenis hewan yang bercangkang keras tetapi berdaging lembut dan mudah mencair,memiliki kaki pendorong yang banyak Ini menggambarkan bahwa orang Kuala Tungkal khususnya masyarakat pesisir (Orang Laut) nampak garang tetapi sebenarnya memiliki hati yang halus dan lembut. Dan memiliki keinginan yang keras untuk menjadi manusia yang maju dan memiliki peradaban tinggi. 

Dengan Model : NURUL

Pernah berprestasi dalam Loba : Finalis Wajah Pesona Indonesia

3. Motif Pedada

Pedada  adalah tanaman mangrove yang tumbuhnya dipesisir pantai, hampir semua wilayah pesisir Kabupaten Tanjung Jabung Barat ditumbuhi pohon pedada. Ia sangat mudah tumbuh walau tanpa perawatan sekalipun, ia dapat tumbuh dengan besar dan suburnya. Ini memberikan gambaran bahwa masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat orang yang mampu bertahan hidup dalam keadaan apapun, mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

MODEL : IWAN FIRDAUS

PRESTASI : Putra Asli Kecamatan Bram Itam

  • PUTRA BATIK 2016
  • DUTA WISATA 2017

4. Motif Putri Malu

Seringkali kita mengabaikan tumbuhan putri malu, namun ternyata di balik keunikannya tersirat makna filosofi yang mendalam. Walau ia hanya tumbuhan kecil yang tampak tidak menarik dan berduri. Dibalik itu ada rahasia yang tersembunyi. Jika daunnya disentuh akan menguncup/ menutup. Malu melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Perasaan malu pada wanita menjadi filter diri sehingga menjadi sinyal kehati-hatian dalam setiap tindakannya. Dan wanita memang memiliki kepekaan yang lebih dibanding laki-laki. Bisa dikatakan tumbuhan putri malu ini simbol dari sifat sensitif seorang wanita.

5. Motif Mata Punai

Mata Punai merupakan tanaman liar yang tumbuh di daerah rawa yang tumbuh subur dengan sendirinya. Ini memberikan filosofi bahwa kita jangan diperintah dahulu baru bekerja, seharusnya memiliki inisiatif sendiri untuk menyelesaikan masalah yang menjadi tanggung jawabnya.

6. MOTIF SENANDUNG BUAH KELAPA

Buah kelapa dalam merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang masih menjadi unggulan daerah kuala tungkal, kab. Tanjung jabung barat. Yang mana buah ini dapat dikatakan memiliki manfaat yang sangat banyak.

Buah kelapa merupakan buah yang tidak adasatupun komponennya tidak dapat dimanfaatkan.dalam artian sperti air buah kelapa yang memiliki manfaat yang luar biasa, isi kelapa yang memiliki kandungan santan, sabut kelapa yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan, tempurung kelapa yang dapat dijadikan produk home industri.

jika ditinjau dari manfaat yang luar biasa tersebut makna kiasan dari senandung buah kelapa ini yaitu mencoba selalu menyuarakan kebaikan dan menebar manfaat bagi setiap manusia. Karena dengan kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain itulah yang menjadi kenangan hidup didunia.

7. MOTIF SEATUNGKANG

Motif ini menggambarkan mengenai adanya kapal tongkang yang berada pada zaman dahulu, yaitu zaman perdagangan laut di kuala tungkal yang masih sangat banyak. Kapal – kapal dari luar daerah bahkan mancanegara yang singgah di bumi srengkuh dayung serentak ketujuan ini.

Kapal ini pada dahulunya sangat dinantikan warga kuala tungkal karena membawa banyak peralatan – peralatan dan bahan – bahan yang dikonsumsi masyarakat yang murah harganya.

Dalam motif batik ini juga terdiri dari binatang – binatang khas kuala tungkal yaitu seperti ketam, cempakul, ubur – ubur, dan cincinut.

Menilik dari sejarah tersebut terbentuklah motif sea tungkang ini yang memiliki makna kiasan jangan pernah melupakan masa lalu, belajarlah dari sejarah, dimanapun kita berada saat ini, ingatlah kuala tungkal adalah tanah kelahiran yang jangan pernah dilupakan

 

Sumber : AD

DNJ
Tags:

Share this post

Post Comment